Peluang Bisnis Poduction House

10.16 Sleepy 0 Comments

PELUANG BISNIS 
PRODUCTION HOUSE


Oleh :
Nama : Abdul Aziz Istanto Wibowo
NIM : 15.61.0071
Jurusan : Bachelor of Informatics

BACHELOR OF INFORMATICS
Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta
Telp: (0274) 884201 – 207, Fax: (0274) 884208, E-Mail Humas: amikom@amikom.ac.id




  • ABSTRAK
Akhir-akhir ini industri kreatif sangat ramain diperbincangkan oleh kalangan masayarakat dan mahasiswa. Bagaimana tidak, pasalnya jenis industri ini ditunjuk sebagai bidang yang paling sedang meroket dan booming di lingkungan masyarakat Indonesia. Beberapa jenis usaha dari industri ini bahkan bisa dibilang "hampir tanpa modal" karena yang lebih dibutuhkan adalah skill tertentu dari seseorang. Sebagai mana yang telah disebutkan dalam judul artikel ini, production house adalah salah satu dari sekian banyak jenis usaha industri kreatif yang beredar di masyarakat. Salah satu produk dari usaha PH(Production House) adalah sebuah video promosi suatu perusahaan atau event tertentu agar bisa dikenal lebih luas di masyarakat. Berbeda dengan usaha advertising digital, karena PH juga mempunyai produk bertemakan dokumentasi dan short movie.

  • ISI
Usaha ini mampu kita lakukan dengan modal yang sedikit, yaitu dengan sebuah kamera digital dan komputer multimedia.  Dan skill yang harus dikuasai antara lain :
  1. Fotografi
  2. Cinematografi
  3. Editing video
  4. Menulis jurnal
Usaha bisa kita mulai dari mulai menawarkan ke beberapa event organizer untuk menjadi pihak ketiga dalam bagian dokumentasi. Atau bisa juga menawarkan ke beberapa perusahaan start up untuk membuatkan video promosi perusahaan mereka.

Untuk tahap awal memang tidak perlu menargetkan perusahaan-perusahaan besar dan event yang terkenal, karena tujuannya adalah selain untuk latihan, juga sebagai perkenalan ke kalangan masyarakat.

Setelah menyelesaikan beberapa proyek kecil, dan ingin mencoba ke ranah yang lebih besar, alangkah baiknya jika mendaftarkan usaha kita ke notaris dan dibuatkan NPWP di kantor pajak. Tujuan dari proses ini tidak lain agar orang percaya bahwa usaha kita mendapat hak cipta dan legal, juga lebih bernilai bila dijadikan proposal sebelum masuk ke perusahaan ternama.

Bila dirasa cukup berat dalam melakukan semua prosesnya sendiri, kita bisa merekrut orang untuk mengerjakan pekerjaan sepeti editing dan kameramen.

Usaha ini sangatlah cocok untuk mahasiswa dengan jurusan teknik informatikan dan multimedia. Selain bisa dijadikan side job, juga dapat melatih ilmu multimedia yang didapat dari perkuliahan agar bisa berkembang terus.

You Might Also Like

0 komentar: