Peluang Bisnis RT-RW Net

11.28 Sleepy 0 Comments

PELUANG BISNIS 
RT-RW NET


Oleh :
Nama : Abdul Aziz Istanto Wibowo
NIM : 15.61.0071
Jurusan : Bachelor of Informatics

BACHELOR OF INFORMATICS
Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta
Telp: (0274) 884201 – 207, Fax: (0274) 884208, E-Mail Humas: amikom@amikom.ac.id


  • ABSTRAK
Dewasa ini internet sudah hampir seperti kebutuhan pokok layaknya beras bagi sebagian besar manusia. Tiada hari tanpa internet, hidup akan terasa kosong tanpa internet. Ini bukanlah hal yang berlebihan, karena di era digital ini hampir semua lini kehidupan kita terhubung dengan internet. Mulai dari pekerjaan, kebutuhan kuliah, dan pergaulan. 

Tapi sayangnya dengan bertambahnya kebutuhan internet, masih banyak sudut-sudut daerah yang belum terjangkau oleh koneksi internet yang cepat dan stabil. Dari fenomena ini kita bisa manfaatkan untuk menciptakan peluang bisnis RT-RW Net, dimana kita akan membantu masyarakat pinggiran untuk mendapatkan koneksi interner yang cepat, stabil dan terjangkau.




  • ISI
Memulai binis RT-RW Net ini tergolong tidak sulit. Cara mencari targetnya pun bisa dibilang mudah. Kita bisa memulai dari lingkungan tempat tinggal kita sendiri misalnya. Salah satu alasan kenapa beberapa orang masih enggan berlangganan internet berbayar adalah selain harganya yang masih cukup mahal untuk ukuran perorangan, juga dirasa mubazir karena tidak setiap saat membutuhkan.

Hal-hal yang perlu disiapkan sebelum membangun usaha RT-RW Net ini antara lain :
  1. Mencari info ISP yang sudah menjangkau area target
  2. Menyiapkan beberapa routing tools seperti mikrotik routerboards dan semacamnya
  3. Menyiapkan perangkat jaringan kabel dan nirkabel yang lebih biasa disebut wifi
  4. Ilmu pengetahuan tentang jaringan lokal, routing, dan pembagian bandwidth
Bisnis bisa kita mulai dengan membeli bandwidth yang lumayan besar ke ISP yang sudah ditentukan. Lalu membaginya menjadi 2 tipe berlangganan, yaitu time-based dan quota-based
Time-based berupa paket berlangganan yang dibatasi oleh waktu pemakaian. Contohnya paket berlangganan 1 bulan dengan unlimited quota dan kecepatan yang sudah diperhitungkan. Bahkan paket time based ini bisa dikategorikan lagi sesuai kecepatan internet yang bisa digunakan.

Quota based berupa paket berlangganan yang dibatasi oleh besar data yang diakses oleh user. Paket ini sangat cocok untuk user dengan tipe jarang mengakses internet, atau butuh internet hanya untuk kebutuhan tertentu saja.
Setelah mendapat beberapa pelanggan kita bisa menghitung ulang, apakah perlu menambah bandwidth atau menurunkan bandwidth yang sudah dibeli. Tentu dilihat dari animo masyarakat sekitar dahulu. Bila dirasa cukup tinggi, maka alangkah lebih baik jika kita meningkatkan bandwidth dan arean yang dapat dijangkau.



You Might Also Like

0 komentar: